PENILAIAN TENGAH SEMESTER II KURIKULUM 2013 - PPKN

Mata Pelajaran : Pend. Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas : VII ( Tujuh )


I.    Untuk soal nomor 1 sampai dengan 45 pilihlah jawaban yang paling benar dengan menghitamkan bulatan ( • ) huruf A, B, C atau D pada lembar jawaban!


1. Suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang merupakan pengertian dari ....
A. kesatuan
B. kebersamaan
C. keberagaman
D.    kemasyarakatan

2.    Keberagaman dalam masyarakat menjadi tantangan karena tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan dapat mengancam keutuhan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia. Oleh sebab itu perlu dikembangkan sikap ....
A menghilangkan perbedaan suku, ras, agama dan antargolongan
B.    menerima teman yang agama, suku bangsa, ras yang sama
C.    menganggap suku bangsa sendiri lebih baik daripada suku bangsa tain
D.    menerima keragaman suku bangsa, agama, ras sebagai kekayaan bangsa

3.    Nenek moyanng kita dahulu menetap di daerah yang terpisah sehingga mengembangka kebudayaan sendiri-sendiri.
Pernyataan tersebut merupakan faktor penyebab keberagaman yang disebabkan oleh ...

A.     Perbedaan kondisi alam
B.     Kondisi negara kepulauan
C.    Letak strategis wilayah Indonesia
D.    penerimaan masyarakat terhadap perubahan

4.    Perbedaan kondisi alam sangat berpengaruh terhadap keberagaman ....
    A.    agama             C. antar golongan
    B.     ras             D. adat Istladat

5.    Menurut kenyataan masyarakat yang heterogen banyak dltemukan di daerah ....
    A. perkotaan     C. pantal
    B. pedesaan     D. pegunungan

6.     Tradisi yang ada di maslng-maslng suku bangsa di wilayah Indonesia sebaiknya ....
    A.    dilupakan     C. dilestarikan
    B.    dihapus     D. siragukan

7.    Ciri-clri mendasaryang membedakan suku bangsa satu dengan suku bangsa yang lain dl antaranya ....
    A.    bahasa daerah, adat istiadat, sistem kekerabatan, kesenian daerah dan tempat asal
    B.    warna kullt, warna dan bentuk mata, bentuk badan, warna rambut
    C.    pendldikan, status soslal, keturunan, [abatan, makanan pokok
    D.    kondlsl alam, mata pencaharian

8.    Tradisi lompat batu Nias berasal darl Propinsi ....
    A.    Sumatra Selatan
    B.     Sumatra Utara
    C.    Sulawesl
    D.    Kallmantan

9.     Suku bangsa Badul terdapat dl Provlnsr ....
    A.    Jawa Timur         C. ·DKI Jakarta
    B.    Jawa Tengah     D.     Banten

10.    Suku Asmad dan suku Danl berasal darl pulau ....
    A. Jawa     C. Ball
    B. Papua     D. Sulawesl

11.    Kesenlan ludruk berasal dari Proplnsl ....
    A.    Jawa Tlmur         C. Jawa Tengah
    B.    DKI Jakarta     D. D.1. Yogyakarta

12.    Pedagang Gujarat dan Persia yang datang ke Indonesia menyebarkan agama ....
    A.    Islam             C. Budha
    B.    Hindu             D. Kristen

13. Gambar di samping menunjukkan tempat ibadah agama
    A.    Islam
    B.    Kristen
    C.    Hindu
    D.     Kong Hu Chu

14. Kitab suci agama Kong Hu Chu adalah ...
    A. Al Kitab
    B. AI Qur'an
    C. Veda
    D. Shishu Wujing

15. Perbedaan manusia berdasarkan ciri fisik seperti warna kulit, warna dan bentuk rambut, bentuk muka, ukuran badan, bentuk dan warna mata disebut:
    A. gender         C. suku
    B. ras            D. etnis

16. Kulit putih, rambut kemerah-msrahan, muka lonjong merupakan ciri-ciri ras...
    A. Asiatik Mongoloid
    B. Malayan Mongoloid
    C. Kaukasoid
    D. Melanosoid

17.    D1 Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara Timur banyak terdapat ras ....
    A.    Melanosold
    B.     Kaukasoid
    C.    Malayan Mongoloid
    D.     Asiatik Mongoloid

18. Bangaa Indonesia menjunjung tinggi harkat dan martabat manusla tanpa membeda-bedakan ras, Pernyataan tersebut sesuai dengan Pancaslla, terutama slla ke ..
    A. satu     C. tiga
    B. dua         D. empat

19. Di Indonesia terdapat kesenJangan yang mencolok antar golongan dalam struktur soslal dl masyarakat yaitu

A.    perbedaan suku bangsa
B.    lapisan atas dan lapisan bawah yang cukup tajam
C.  perbedaan agama
D.  perbedaan antar golongan

20.    Menganggap bahwa hanya kelompok atau golongannya saja yang paling balk dan sempurna, sementara golongan lainnya dianggap banyak memiliki kekurangan, Pernyataan.tersebut dlkenal dengan Istllah ....
    A.  Chauvinisme
    B.    Etnosentrisme
    C.    Individualisme
    D.     Naslonalisme

21.    Berikut yang harus dilakukan untuk menyikapi perbedaan golongan adalah ....
    A. Mendiskriminasikan orang yang berbeda golongan ..
    B. Golongan kelas tinggi membantu golongan kelas rendah
    C.    Menyerang orang yang berasal dari golongan lain
    D.    Melakukan unjuk rasa tentang perbedaan golongan

22.    Menurut konsep Wawasan Nusantara, laut merupakan ....
    A.    pemisah pulau satu dengan pulau lain
    B.    batas pulau satu dengan pulau lain
    C.     pemersatu pulau satu dengan pulau lain
    D.    bagian dari pulau yang paling dekat

23. Perilaku berikut ini yang menggambarkan sikap Bhinneka Tunggal Ika adalah ....
    A.    Menganggap suku bangsanya paling baik     .
    B.    Berternan kepada yang memiliki ras yang sama
    C.     Berteman tanpa membedakan ras, agama, suku bangsa
    D.     Mengucilkan teman yang berbeda ras, aqama, suku bangsa

24. Semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" berasal dari kitab ....
    A. Sutasoma         C. Mahabarata
    B. Arjuna Wiwaha     D. Ramayana

25.    Pengertian "Bhinneka Tunggallka" dalam lambang negara Garuda Pancasila adalah ....
    A.    tidak ada dharma yang mendua
    B.    berbeda-beda tetapi tetap satu jua
    C.    tidak ada keberagaman bangsa Indonesia
    D.    bangsa Indonesia beraneka ragam suku namun merupakan satu kesatuan

26.    Negara menjamin kemerdekaan tiap tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadah menurut agamanya dan kepercayaannya itu, sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 pasal ... ayat ...
    A.    Pasal 28 ayat (1)
    B.    Pasal 28 ayat (2)
    C.    Pasal 29 ayat (1)
    D.     Pasal 29 ayat (2)

27.    Perhatikan pernyataan berikut ini
    1.    Ikut beribadah teman yang berbeda agama
    2.    Menghormati agama yang diyakini oranq lain
    3.    Memaksa teman untuk beribadah sesuai dengan keyakinan kita
    4.    Tidak memaksakan keyakinan agama yang dianutnya kepada orang lain
    5.    Toleransi terhadap pelaksanaan ibadah yang dianut pemeluk agama lain
    Dari pernyataan tersebut yang merupakan bentuk perilaku toleransi dalam kehidupan beragama adalah ....
    A.    1,2,3     C. 2,4,5
    B.    1,3,5     D. 1,4,5

28. Perilaku toleransi dalam kehidupan beragama di lingkungan sekolah antara lain ....
    A.     Bersedia bekerja kelompok dengan teman yang berbeda agama
    B.     Mematuhi peraturan perundanq-undanqan yang dibuat pemerintah
    C.    Menengok teman yang sedang sakit walaupun berbeda agamanya
    D.    Bergotong royong rnemperbalkl jalan denqan penganut agama yang berbeda

29.    Rasa toleransi akan lebih terbina pada masyarakat suatu kampung yang penduduknya ....
    A.    berpendidikan rendah
    B.    seagama
    C.     heterogen
    D.    banyak

30.    Sikap yang harus dikembangkan dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang beragam adalah.....     . .
    A.    Menganggap suku dan budaya sendiri yang paling baik
    B.     Menerima keragaman sebagai kekayaan bangsa
    C.    Memandang rendah suku dan budaya lain .
    D.    Menghapus semua perbedaan yang ada

31. Pengertian dari kerjasama adalah ....
    A.     Kegiatan yang dilaksanakan oleh banyak orang di tempat yang sama.
    B.     Pekerjaan yang dilaksanakan dalam oleh banyak orang dalam waktu yang sama.
    C.    Kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama.
    D.    Bersatunya berbagai komponen yang saling berhubungan untuk melakukan suatu fungsi tertentu.

32.    Kernerdekaan Negara Republik Indonesia merupakan salah satu bentuk keberhasilan dari ....
    A.     kerjasama para pendahulu bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan
    B.    kemahiran bangsa Indonesia menggunakan senjata bambu runcing
    C.    perundingan bangsa Indonesia dengan penjajah
    D.·    raja-raja mengusir penlajah

33.    Terikatnya beberapa bagian menjadi satu kesatuan merupakan makna dari ....
    A.    kesatuan
    B.    persatuan
    C.    persekutuan
    D.    keutuhan

34.    Bekerjasama merupakan pengamalan Pancasila terutama sila ....
    A.    Ketuhanan Yang Maha Esa
    B.    Kemanusiaan yang adil dan beradab
    C.     Persatuan Indonesia
    D.    Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

35.    Perhatikan pernyataan berikut ini
    1.    Manunggal sakato di Sumatra Barat
    2.    Majemukan di daerah Jawa
    3.    Ngaben di dperah Bali
    4.    Sikaroban daerah Palembang
    5.     Gugur gunung di daerah Jawa

    Dari pemyataan tersebut yang merupakan contoh kegiatan gotong royong yang dilandasi sernanqat kerjasama adalah ....
    A.    1,2,3         C. 2,4,5
    B.    1,3,5         D. 1,4,5

36.    Landasan kerjasama dalam bidang kehidupan sosial politik adalah Pancasila terutama sila .....
    A.    Ketuhanan Yang Maha Esa
    B.    Kemanusiaan yang adil dan beradap
    C.     Persatuan Indonesia
    D. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
37. Dalam demokrasi Pancasila penyelesaian suatu masalah diutamakan melalui ....
    A.     pendapat mayoritas     .
    B.    pendapat minoritas
    C.     musyawarah/mufakat
    D.    pendapat pemimpin

38.    Perhatikan pernyataan berikut!
    1.    Menghormati pendapat oranqlain
    2.    Memaksakan pendapat kepada orang lain
    3.    Tidak melaksanakan hasil musyawarah apabila tidak sesuai dengan pendapatnya
    4.    Tidak memaksakarrkehendak kepada siapapun
    5.    Tidak memotong pembicaraan orang lain

    Sikap yang baik bagi peserta musyawarah adalah ....
    A.    1,2,3          C. 2,4,5
    B.    1,3,5         D. 1,4,5

39. Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak contohnya ....
    A.     sandang
    B.    listrik
    C.    pakan ternak
    D.    perumahan

40. Kerjasama dalam bidang kehidupan ekonomi, usaha yang sesuai dengan asas demokrasi ekonomi adalah
    A.     Koperasi     C.     PT
    B.     CV             D.     Swasta

41.    Modal koperasi siswa berasal dari ....
    A.    Kepala sekolah, guru
    B.    Kepala sekolah, guru, siswa
    C.    Kepala sekolah, guru, tata usaha
    D.    Semua siswa sekolah yang bersangkutan

42. Komponen utama bela negara adalah ....
    A.     semua WNI
    B.     TNI dan POLRI
    C.    rakyat terlatih, resimen mahasiswa
    D.    semua sumber daya alam, sarana dan prasarana

43.    Sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta. Semesta artinya ....
    A.    TNI dan Polri
    B.     seluruh komponen negara
    C.    alatn seisinya ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
    D.    warga negara Indonesia yang telah dewasa

44.    Sifat yang merasa diri sendiri paling benar disebut sikap ....
    A.    individualisme
    B.    eklusivisme
    C.    fanatik sempit
    D.    primordialisme

45.    Sikap kerja sama antar umat beragama di lingkungan sekolah antara lain ....
    A.    Kerjasama membersihkan desa
    B.    Gotong royong membangun tempat ibadah
    C.    Menteri agama menetapkan tanggal 25 Desember sebagai hari libur nasional
    D.    Kerjasama membersihkan kelas yang dilakukan oleh semua siswa walaupun berbeda agama

II.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang sing kat dan tepat pada lembar jawab yang telah tersedia!
46.    Sebutkan 3 (tiga) contoh hari raya agama Hindu!
47, Sebutkan 3 (ti9a) pulau daerah penyebaran ras Malayan Mongoloid di Indonesia!
48.    Sebutkan 3 (tiga) keunggulan koperasi dibandingkan dengan badan usaha lainnya!
49.    Sebutkan 3 (tiga) manfaat kerjasama dalam berbagai kehidupan!
50.    Sebutkan 3 (tiga) contoh perilaku toleransi beragama di lingkungan sekolah!
Powered by Blogger.